M.Yanuar Suratman. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemuda dan Sosialisasi


Internalisasi Belajar Dan Spesialaisasi
  1.  Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pemuda.                                                                             Pemuda adalah suatu generasi  yang dipundaknya terbebani  macam-macam harapan,terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat kita pahami karena pemuda sebagai generasi penerus bangsa,yang akan melanjutkan generasi sebelumnya, generasi yang harus melanjutkan pembangunan secara terus-menerus.Generasi ini lebih menarik karena banyak permasalahan yang sangat bervariasi , jika tidak diatasi secara proporsional pemuda ini akan kehilangan jati dirinya sebagai penerus pembangunan bangsa.
  2.             Mahasiswa dapat menjelaskan sosialisasi
    Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuaian  diri bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat  berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.Melalui proses sosialisasi, individu pemuda) akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya dengan proses sosialisasi. Individu menjadi tahu bagaimana yang mesti bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya.
    3.      Mahasiswa dapat menjelaskan internalisasi belajar dan sosialaisasi
          Setiap individu dalam masysrakat yang berbeda mengalami proses sosialaisasi yang berdeda pula, karena proses sosialisasi  banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan,dan lingkungan  social yang bersangkutan. Jadi sosialaisasi dititik beratkan  soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya.   
    4.       Mahasiswa dapat menjelaskan proses sosialaisasi
    Secara formal, proses sosialisasi lebih teratur karena didalamnya disajikan seperangkat ilmu pengetahuan secara tertur dan sistematis serta dilengkapi oleh petangkat normal yang tegas dan harus dipatuhi oleh setiap individu. Proses sosialisasi ini dilakukan secara sadar dan sengaja. Sedanagkan yang informal, proses sosialaisasi ini bersifat tidak sengaja, terjadinya ini bila seseorang individu mempelajari pola-pola keterampilan, norma atau perilaku melalui pengamatan informal terhadap interaksi orang lain.
    5.     Mahasiswa dapat menjelaskan peranan social mahasiswa dan pemuda dimasyarakat
    Mahsiswa dan pemuda memegang peranan penting dalam proses sosialaisasi karena dalam proses sosialisasi mahasiswa dan pemuda memiliki segala daya dan identitasnya melalui pengalaman dari lingkungan sekitarnya.
     Pemuda dan identitas
    1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pola dasar pembinaan dan pengembangn generasi muda.
    Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda ditetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor: 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Maksud dari pola pengembangan generasi muda adalah agar semua pihak yang ikut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud.
    2.       Mahasiswa dapat menjelaskan 2 pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda.       
    -          Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam pembangunan nasional.
    -          Generas muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangn kea rah pertumbuhan potensi dan kemampuan optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.

    3.       Mahasiswa dapat menuliskan masalah-masalah generasi muda.
    Masalah yang muncul pada saat ini adalah:
    -          Menurunnya jiwa idealisme, patriotism, dan nasionalisme.
    -          Kurang pastinya generasi muda terhadap masa depan.
    -          Belum seimbangnya jumlah generasi muda dengan fasilitas yang ada pada saat ini baik secara formal maupun non formal.
    -          Kurangnya lapangn kerja  serta tingginya tingkat pengangguran dikalangan generasi muda.
    -          Kurangnya gizi yang dapat menjadikan hambatan bagi pengembangan kecerdasan dikalangan generasi muda.
    -          Masih banyaknya perkawinan dibawah umur.
    -          Pergaulan bebas yang dapat membahayakan perkawinan dan kehidupan keluarga.
    -          Meningkatnya kenakalan remaja.
    -          Belum adanya perundanagn yang menyangkut generasi muda.

    4.       Mahasiswa dapat menyebutkan potens-potensii generasi muda
    -idealisme dan daya kritis
    -Dinamika dan kreatifitas
    -keberanian mengambil resiko
    -optimis dan kegairahan semangat
    -sikap kemandirian dan disiplin murni
    -terdidik
    -keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
    -patriotisme dan nasionalisme
    -sikap kesatria
    -kemampuan penguasaan ilmu teknologi
    5.       Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan pokok sosialisasi
    -          Individu harus diberi ilmu pengetahuan atau keterampilan yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak dimasyarakat.
    -          Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
    -          Pengendalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui pelatihan-pelatihan.
    -          Bertingkah laku selaras dengan norma atau nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok masyarakat.
    Perguruan dan pendidikan
    1.       Mahasiswa dapat mengembangkan potensi generasi muda
    Pengembangan potensi generasi muda pada abad ke-20 di negrara berkembang sangat terhambat,disebabkan masih banyak generasi muda yung belum terampil. Sedangkan dinegara-negara maju pada umumnya para generasi muda mendapatkan kesempatan luas dalam mengembangkan kemampuan dan potensi idenya. Para mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda didorong dan dirangsang dengan berbagai motivasi dan dipicu untuk maju dalam berlomba menciptakan suatu gagasan yang harus diwujudkan dalam suatu bentuk barang dengan berorientasi pada teknologi itu sendiri.

    2.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
    Pendidikan adalah suatu upaya untuk terciptanya kualitas  sumber daya manusia,sebagai prasarat utama dalam pembangunan ,sedangkan perguruan tinggi adalah bagian dari pendidikan itu sendiri sebagi jenjang pendidikan yang paling tinggi dan merupakan kaum intelektual.
    3.       Mahasiswa dapat memberikan alasan untuk berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi
    -          Sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan,mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakatnya,karena adanya kesempatan untuk terlibat di dalam pemikiran ,pembicaraan serta penelitian te4ntang berbagai masalah yang ada di masyarakat.
    -          Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah,maka mahasiswa mendapatkan proses sosialisasi terpanjang secara berencana dibandingkan dengan generasi muda lainnya.
    -          Mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis dan suku bangsa dapat nenyatu dalam bentuk terjadinya akulturasi social dan budaya.
    -          Mahasiswa sebagai kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasaan,setruktur perekonomian dan prestise di dalam masyarakat.

    Nama : M.Yanuar Suratman
    NPM : 14110145
    Kelas : 1KA05

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar