M.Yanuar Suratman. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Agama dan Masyarakat

Fungsi Agama
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi agama dalam masyarakat
Adalah untuk mempelajari kebudayaan, system social, dan kepribadian. Ketiga aspek tersebut merupakan kompleks fenomena social yang terpadu yang pengaruhnya dapat di amati dalam perilaku manusia.

2.       Mahasiswa dapat menyebutkan dimensi komitmen agama
a.       Dimensi keyakinan
b.      Praktek agama mencakup perbuatan-perbuatan memuja dan berbakti
c.       Dimensi pengalaman memperhitungkan fakta
d.      Dimensi pengetahuan
e.      Dimensi konsekuensi dari komitmen religius

Pelembagaan agama
1.       Mahasiswa dapat menyebutkan 3 tife kaitan agama dengan masyarakat
a.       Masyarakat yang terbelakang dan nilai-nilai sacral
b.      Masyarakat-masyarakat praindustri yang sedang berkembang

2.       Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pelembagaan agama
Adalah apa dan mengapa agama ada unsure-unsur dan bentuknya serta fungsi dan struktur agama.
Agama,konflik, dan masyarakat

1.       Mahasiswa dapat memberikan contoh-contoh dan kaitannya tentang konflik yang ada dalam agama dan masyarakat
Adalah dari contoh social, lembaga keagamaan berkembang sebagai pola ibadah,pola ide-ide,kete ntuan/keyakinan,dan tampil sebagai bentuk asosiasi atau organisasi. Pelembagaan agama puncaknya terjadi pada tingkat intelektual, tingkat pemujaan/ibadat dan tingkat organisasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ilmu Pengetahuan Teknologi dan kemiskinan

Ilmu Pengetahuan
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan
Pengertian pengetahuan adalah teori atau filsafat menurut aristoteles, bahwa ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur,  yang diperoleh dengan pangkal tumpuan(objek) tertentu dengan sistematis,metodis,rasional/logis,empiris,umum, dan akumulatif.

2.       Mahasiswa dapat menyebutkan 4 hal sikaf yang ilmiah
a.       Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih
b.      Selektif
c.       Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah
d.      Merasa pasti bahwa setiap pendapat,teori, maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian.

Teknologi
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian teknologi
Bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai suatu seni yang mengandung pengertian berhubungan dengan proses produksi.

2.       Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri fenomena teknik pada masysrakat
a.       Rasionalitas
b.      Artifisialitas
c.       Otomatisme
d.      Teknis berkembang pada suatu kebudayaan
e.      Universalisme
f.        Otonomi

3.       Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri teknologi barat
a.       Serba inisiatif dalam segala hal
b.      Dalam struktur social
c.       kosmologi

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Nilai
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai
Ilmu pengetahuan dan teknologi sering dikaitkam dengan nilai atau moral hal ini besar perhatiannya tatkala dirasakan dampaknya melalui kebijaksanaan pembangunan, yang pada hakikatnya adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemiskinan
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kemiskinan
Kemiskinan merupakan tema sentral dari perjuanagan bangsa, sebagai inspirasi dasar dan perjuangan akan kemerdekaan bangsa, dan motivasi fundamental dari cita-cita menciptakan masyarakat adil dan makmur.

2.       Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri manusia yang hidup dibawah garis kemiskinan
a.       Tidak memiliki factor produksi sendiri
b.      Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri
c.       Tingkat pendidikan mereka rendah
d.      Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas
e.      Banyak yang hidup di kota berusia muda

M.Yanuar Suratman
1KA05
14110145

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Perbedaan kepentingan
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kepentingan
Menurut saya adalah sesuatu yang perlu dicapai untuk mencapai sebuah tujuan

Prasangka diskriminasi dan ethosentris
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan tentang diskriminasi dan ethosentris
Munurut saya diskriminasi adalah perlakuan individu yang mengharuskan seseorang yang didasarkan olehras,agama,umur, atau karakter seseorang(individu) tersebut dan ethosentris adalah nilai dan norma-norma yang menjelaskan suatu kebudayaan di sekitar/wilayah tersebut.

Pertentangan social ketegangan dalam masyarakat
 Mahasiswa dapat menjelaskan pertentangan dan ketegangan dalam masyarakat
Adalah suatu konflik yang terjadi akibat benturan benturan diantara masyarakat dan lingkungannya.

Golongan-golongan yang berbeda dan integrasi social
1.       Mahasiswa dapat menyebutkan golongan-golongan yang berbeda dan integrasi social
a.       Agama
b.      Suku
c.       Ras /bahasa
d.      Budaya

Integrasi nasional
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan tentang integrasi social
Adalah bergabungnya masyarakat ke dunia social politik

M.Yanuar Suratman
1KA05
14110145

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan


 Masyarakat perkotaan, aspek-aspek positif dan negative
  1. 1.    Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
Bahwa masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama hingga mereka ini dapat mengorganisasikan dirinya untuk berpikir tentang dirinya sendiri tanpa ada batasannya.
2.                1. 2.  Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat menjadi masyarakat
a.       Harus ada pengumpulan manusia
b.      Bertempat tinggal di daerah tertentu dengan waktu yang lama
c.       Adanya aturan-aturan atau undang-undang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dana tujuan

  1. 3.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat perkotaan
Adalah masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat-sifat kehidupannya serta cirri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan
  1. 4.       Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tipe masyarakat
a.       Langsung
b.      Tidak langsung

  1. 5.       Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri masyarakat kota
a.       Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan didesa
b.      Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain
c.       Pembagian kerja di antara warga-warga kota lebih tegas dan mempunyai batasan nyata
d.      Pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa

  1. 6.       Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan antara desa dan kota
a.       Jumlah dan kepadatan penduduk
b.      Lingkungan hidup
c.       Mata pencaharian
d.      Corak kehidupan social
e.      Mobilitas social
f.        Pola interaksi social
g.       Solidaritas social, dan
h.      Kedudukan dalam hierarki system administrasi nasional

Hubungan desa dana Kota
  1. 1.       Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan desa dan kota
Adalah Mayarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komunitas yang terpisah sama sekali satu sama lainnya. Bahkan dalam keadaan yang wajar di antara keduanya terdapat hubungan yang sangat erat, bersifat ketergantungan, karena di antara mereka saling membutuhkan.
Aspek Positif dan Negatif
  1. 1.       Mahasiswa dapat menjelaskan tentang aspek positif dan aspek negative
Adalah Untuk menunjang aktivitas warganya serta untuk memberikan suasana yang aman, tentram dan nyaman pada warganya. Kota dihadapkan pada keharusan menyediakan berbagai fasilitas kehidupan dan keharusan untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul sebagai akibat aktivitas warganya. Dengan kata lain kota harus berkembang
  1. 2.       Mahasiswa dapat menyebutkan 5 unsur lingkungan perkotaan
a.       Wisma
b.      Karya
c.       Marga
d.      Suka
e.      Penyempurnaan

  1. 3.       Mahasiswa dapat Menyebutkan fungsi external kota
a.       Aparatur kota harus dapat menangani berbagai masalah yang tibul di kota
b.      Kelancaran dalam pelaksanaan pembangunan dan pengaturan tata kota harus dikerjakan dengan cepat dan tepat
c.       Masalah keamanan  kota harus dapat di tangani denagn baik
d.      Dalam rangka pemekaran kota harus di tingkatkan
Masyarakat Perdesaan
  1. 1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desa
Desa adalah suatu kesatuan hokum di mana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan  sendiri

  1. 2.      Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri desa
a.       Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal dengan ribuan jiwa
b.      Ada pertalian yang sama tentang kesukaan terhadap kebiasaan
c.       Cara berusaha (ekonomi)

  1. 3.      Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri masyarakat perdesaan
a.       Didalam masyarakat pedesaan warganya mempunyai hubungan
        Mahasiswa dapayang lebih erat dan mendalam
b.      System kehidupan bekelompok dengan dasar kekeluargaan
c.       Warga desa bsebagian besar mencari penghasilannya dengan cara bertani
d.      Masyarakat tersebut homogen

  1. 4.       Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam pekerjaan gotong royong
a.       Kerjasama untuk pekerjaan-pekerjaan yang timbul dari inisiatif warga
b.      Kerjasama untuk pekerjaan-pekerjaan yang inisiatifnya tidak timbul dari masyarakat itu sendiri berasal dari luar

  1. 5.       Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan hakikat masyarakat perdesaan
Bahwa masyarakat Indonesia kebanyakan masyarakat yang agraris.

  1. 6.       Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam gejala masyarakat perdesaan
a.       Konflik (pertengkaran)
b.      Kontraversi (pertentangan)
c.       Kompetisi (persiapan)
d.      Kegiatan pada masyarakat pedesaan

  1. 7.       Mahasiswa dapat menjelaskan system budaya petani Indonesia
Adalah mereka beranggapan bahawa orang bekerja itu untuk hidup, dan kadang-kadang untuk mencapai tahta atau kedudukannya.

  1. 8.      Mahasiswa dapat menyebutkan unsure-unsur desa
Adalah Tnah-tanah yang produktif dan yang tidak, beserta penggunaannya,termasuk juga unsure lokasi, luas dan batas yang merupakan lingkungan geografis setempat

  1. 9.       Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi desa
a.       Dalam hubungannya dengan kota
b.      Tinjauan dari sudut ekonominya
c.       Dari segi kegiatan kerja

Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan masyarakat perkotaan
  1. 1.       Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
                Perbedaan ini berasal dari adanya perbedaan yang mendasar dari keadaan lingkungan, yang          mengakibatkan adanya dampak terhadap personalitas dan segi-segi kehidupannya.

Nama : M.Yanuar Suratman
NPM : 14110145
Kelas : 1KA05

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Pelapisan social
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pelapisan social
Masyarakat terbentuk atas suatu individu yang membentuk suatu masyarakat yang terdiri dari kelompok-kelompok social. Dengan adanya atau terjadinya kelompok social ini maka akan terbentuk suatu pelapisan masyarakat.
2.       Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya pelapisan social
Proses ini terjadi karena perumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan yang dibentuk bukan berdasarkan atas kesengjaan  yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu.
3.       Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan system pelapisan dalam masyarakat
Ada dua perbedaan system pelapisan dalam masyarakat yaitu:
a.       System pelapisan masyarakat yang tertutup
Adalah pemindahan anggota masyarakat ke lapisan yang lain baik ke atas maupun kebawah tidak akan terjadi , kecuali ada hal yang istimewa.
b.      System pelapisan masyarakat terbuka
Adalah system yang setiap anggota masyarakatnya memiliki kesempatan untuk jatuh ke lapisan yang ada di bawahnya atau naik ke lapisan yang di atasnya
4.       Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa teori tentang pelapisan sosiala
a.       Masyarakat terdiri dari kelas atas dan kelas bawah
b.      Masyarakat terdiri dari tiga kelas ialah kelas atas,kelas menengah , dan kelas bawah
c.       Sementara itu ada pula sering kita dengar: kelas atas,kelas menengah ,kelas menengah bawah dan kelas bawah
 
Kesamaan Derajat

1.       Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kesamaan derajat
Artinya orang seorang itu sebagai anggota masyarakatnya,mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Beberapa hak dan kewajiban penting ditetapkan dalam undang-undang(konstitusi) sebagai hak dan kewajiban asasi.
2.       Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal di dalam UUD 45 tentang persamaan hak
a.       Pasal 1 : sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak yang sama.
b.      Pasal 2 ayat 1 : Setiap orang berhak atas semua hak-hak dan kebebasan-kebebasan yang tercantum dalam pernyataan ini dengan tak ada kecuali apa pun.
c.       Pasal 7 : Sekalian orang adalah sama terhadap undang-undang dan berhak atas perlindungan hokum yang sama dengan tak ada perbedaan.
Mahasiswa dapat menyebutkan 4 pokok hak asasi dalam 4 yang tercantum pada UUD 45
a.       Pertama Pasal 27 ayat 1 yakni bahwa segala warganegara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
b.      Kedua Pasal 27 ayat 2 yakni hak setiap warga Negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.Pasal 28 yakni bahwa kemerdekaan berserikatdan berkumpul , mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagiannya ditetapkan oleh undang-undang.
c.       Ketiga Pasal 29 ayat 2 yakni bahwa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.
d.      Keempat Pasal 31 ayat 1 yakni tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran dan
Pasal 31 ayat 2 yakni pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu system pengajaran nasional,yang diatur dengan undang-undang.

   Elite dan Massa                                                                                                                                     
 1.    Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian elite
Dalam pengertian umum elite itu menunjuk sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Dalam arti yang lebih khusus dapat diartikan sekelompok orang terkemuka di bidang-bidang tertentu dan khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan.
Di dalam suatu lapisan masyarakat tertentu ada sekelompok kecil yang mempunyai posisi kunci atau mereka yang memiliki pengaruh yang besar dalam mengambil berbagai kebijaksanaan.
2.       Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi elite dalam memegang strategi
Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu:
Pertama,menitikberatkan pada fungsi social dan yang kedua,pertimbangan-pertimbangan yangb bersifat moral.Kedua kecenderungan penilaian ini menurut Parson melahirkan dua macam elite,yaitu: Elite eksternal.
3.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian massa
Ialah Massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.
4.       Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri Massa
a.       Keanggotaan berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata social
b.      Massa merupakan kelompok yang anonym
c.       Sedikit sekali berinteraksi atau bertukar pengalaman
                                    d.    Tidak bertindak secara bulat atau sebagai suatu kesatuan seperti crowd

Nama : M.Yanuar Suratman
NPM : 14110145
Kelas : 1KA05

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warganegara dan Negara


Hukum, Negara dan Pemerintahan
1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian hokum
Hukum menurut JCT.Simorangkir,SH.dan Woerjono  adalah peraturan-peraturan yang memaksa,yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh Badan-badan resmi yang berwajib,pe4langgaran mana terhadap peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan ,yaitu dengan hukuman tertentu.
2.       Mahasiswa dapat menyebutkan sifat dan ciri-ciri hokum
Ciri-ciri dan sifat hukum
-          Adanya perintah dan larangan
-          Perintah atau larangan itu harus dipatuhi setiap orang   
Sifat –sifat hukum
-          Hukum itu sifatnya memaksa agar dilaksanakan orang untuk menaati swerta dapat memberikan sangsi tegas terhadap setiap orang yang tidak mau mematuhinya.
3.       Mahasiswa dapat menyebutkan sumber-sumber hukum
Sumber hokum dapat ditinjau dari bsegi formal dan segi material
Sumber hokum material dapat ditinjau dari berbagai sudut,misalnya dari sudut politik,sejarah,ekonomi,dll.
Sumber hokum secara formal adalah:
-          Undang-undang (Statute
-          Kebiasaan (Costume)
-          Keputusan-keputusan hakim (Yurisprudensi)
-          Trakat (Treaty)
-          Pendapat Sarjana Hukum
4.       Mahasiswa dapat menuliskan pembagian hokum
-          Menurut sumbernya
-          Menurut bentuknya
-          Menurut tempat berlakunya
-          Menurut waktu berlakunya
-          Menurut cara mempertahankannya
-          Menurut sifatnya
-          Menurut wujudnya
-          Menurut isinya
5.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Negara
Negara merupakan alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat maupun diluar.
6.       Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tugas utama Negara
2 tugas tersebut adalah:
-          Untuk mengatur dan menertibkan gejala kekuasaan dalam masyarakat yang bertentangan satu sama lainnya dalam membangun Negara..
-          Untuk mengatur dan menyatukan kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang disesuaikan dan diarahkan pada tujuan Negara.
7.       Mahasiswa dapat menyebutkan sifat-ssifat Negara
-          sifat memakasa
-          sifat monopoli
-          sifat yang mencakup semua/ keduanya
8.       Mahasiswa dapat menyebutkan 2 bentuk Negara
-          Negara kesatuan
-          Negara serikat
9.       Mahasiswa dapat menyebutkan unsure-unsur Negara
-          harus ada wilayahnya
-          harus ada rakyatnya
-          harus ada pemerintahnya
-          harus ada tujuannya
-          mempunyai kedaulatan
10.   Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan Negara republic Indonesia
-          Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
-          Memajukan kesejahteraan umum
-          Mencerdaskan kehidupan bangsa
-          Ikut melaksanakan ketertiban dunia
11.   Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang pemerintah
Pemerintah merupakan salah satu unsur penting daripada Negara. Tanpa pemerintah, maka Negara tidak ada yang mengatur. Karena pemerintah merupakan roda Negara, maka tidak akan mungkin ada suatu Negara tanpa pemerintah.
12.   Mahasiswa dapat membedakanpemerintahan dan pemerintah
Pemerinyahan dan pemerintah dibedakan dakam ari sempit dan arti luas. Yaitu pemerintahan merupakan salah satu unsur penting dalam suatu Negara republic Indonesia

Warga Negara dan Negara

1.       Mahasiswa dsapat menjelaskan pengertian warga Negara
Adalah yang meliputi semua orang yang bertempat tinggal di dalam wilayah kekuasaan Negara tersebut dan tunduk pada kekuasaan Negara tersebut.
2.       Mahasiswa dapat menyebutkan 2 kriteria menjadi warga Negara
-          Criteria kelahiran yang dibagi menjadi 2 yaitu Ius sanguinis, dan Ius soli
-          Naturalisasi atau pewrganegaraan
3.       Mahasiswa dapat menyabutkan orang-orang yang berada satu wilayah Negara
-          Orang-orang yang berdasarkan perundangan-undangan dan atau perjanjian-perjanjian dan peraturan-peraturan yang berlaku sejak proklamasi
-          Orang yang pada waktu lahirnya mempunyai hubungan hokum kekeluargaan dengan ayahnya, seorang warganegara RI tersebut dimulai pengertian bahwa kewarganegaraan karena RI tersebut dimulai sejak adanya hubungan hokum kekeluargaan ini diadakan. Dan lainnya.
4.       Mahasiswa dapat menuliskan pasal yang tercantum di dalam UUD 1945 tentang warga Negara
-          Yang menjadi warganegara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebangai warga Negara.
-          Syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.
5.       Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal yang tercantum di dalam UUD 1945 tentang hak dan kewajiban warga Negara Indonesia
-          Pasal 27 ayat 2 : tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
-          Pasal 30 ayat 1 : tiapa-tiap warga Negara berhak dan ikut serta dalam usaha pembelaan Negara
-          Pasal 31 ayat 1 : tiap-tipa warga Negara berhak mendapatkan pengajaran

Nama : M.Yanuar Suratman
NPM : 14110145
Kelas : 1KA05

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pemuda dan Sosialisasi


Internalisasi Belajar Dan Spesialaisasi
  1.  Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pemuda.                                                                             Pemuda adalah suatu generasi  yang dipundaknya terbebani  macam-macam harapan,terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat kita pahami karena pemuda sebagai generasi penerus bangsa,yang akan melanjutkan generasi sebelumnya, generasi yang harus melanjutkan pembangunan secara terus-menerus.Generasi ini lebih menarik karena banyak permasalahan yang sangat bervariasi , jika tidak diatasi secara proporsional pemuda ini akan kehilangan jati dirinya sebagai penerus pembangunan bangsa.
  2.             Mahasiswa dapat menjelaskan sosialisasi
    Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuaian  diri bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat  berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.Melalui proses sosialisasi, individu pemuda) akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya dengan proses sosialisasi. Individu menjadi tahu bagaimana yang mesti bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya.
    3.      Mahasiswa dapat menjelaskan internalisasi belajar dan sosialaisasi
          Setiap individu dalam masysrakat yang berbeda mengalami proses sosialaisasi yang berdeda pula, karena proses sosialisasi  banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan,dan lingkungan  social yang bersangkutan. Jadi sosialaisasi dititik beratkan  soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya.   
    4.       Mahasiswa dapat menjelaskan proses sosialaisasi
    Secara formal, proses sosialisasi lebih teratur karena didalamnya disajikan seperangkat ilmu pengetahuan secara tertur dan sistematis serta dilengkapi oleh petangkat normal yang tegas dan harus dipatuhi oleh setiap individu. Proses sosialisasi ini dilakukan secara sadar dan sengaja. Sedanagkan yang informal, proses sosialaisasi ini bersifat tidak sengaja, terjadinya ini bila seseorang individu mempelajari pola-pola keterampilan, norma atau perilaku melalui pengamatan informal terhadap interaksi orang lain.
    5.     Mahasiswa dapat menjelaskan peranan social mahasiswa dan pemuda dimasyarakat
    Mahsiswa dan pemuda memegang peranan penting dalam proses sosialaisasi karena dalam proses sosialisasi mahasiswa dan pemuda memiliki segala daya dan identitasnya melalui pengalaman dari lingkungan sekitarnya.
     Pemuda dan identitas
    1.       Mahasiswa dapat menjelaskan pola dasar pembinaan dan pengembangn generasi muda.
    Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda ditetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor: 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Maksud dari pola pengembangan generasi muda adalah agar semua pihak yang ikut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud.
    2.       Mahasiswa dapat menjelaskan 2 pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda.       
    -          Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam pembangunan nasional.
    -          Generas muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangn kea rah pertumbuhan potensi dan kemampuan optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.

    3.       Mahasiswa dapat menuliskan masalah-masalah generasi muda.
    Masalah yang muncul pada saat ini adalah:
    -          Menurunnya jiwa idealisme, patriotism, dan nasionalisme.
    -          Kurang pastinya generasi muda terhadap masa depan.
    -          Belum seimbangnya jumlah generasi muda dengan fasilitas yang ada pada saat ini baik secara formal maupun non formal.
    -          Kurangnya lapangn kerja  serta tingginya tingkat pengangguran dikalangan generasi muda.
    -          Kurangnya gizi yang dapat menjadikan hambatan bagi pengembangan kecerdasan dikalangan generasi muda.
    -          Masih banyaknya perkawinan dibawah umur.
    -          Pergaulan bebas yang dapat membahayakan perkawinan dan kehidupan keluarga.
    -          Meningkatnya kenakalan remaja.
    -          Belum adanya perundanagn yang menyangkut generasi muda.

    4.       Mahasiswa dapat menyebutkan potens-potensii generasi muda
    -idealisme dan daya kritis
    -Dinamika dan kreatifitas
    -keberanian mengambil resiko
    -optimis dan kegairahan semangat
    -sikap kemandirian dan disiplin murni
    -terdidik
    -keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
    -patriotisme dan nasionalisme
    -sikap kesatria
    -kemampuan penguasaan ilmu teknologi
    5.       Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan pokok sosialisasi
    -          Individu harus diberi ilmu pengetahuan atau keterampilan yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak dimasyarakat.
    -          Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
    -          Pengendalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui pelatihan-pelatihan.
    -          Bertingkah laku selaras dengan norma atau nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok masyarakat.
    Perguruan dan pendidikan
    1.       Mahasiswa dapat mengembangkan potensi generasi muda
    Pengembangan potensi generasi muda pada abad ke-20 di negrara berkembang sangat terhambat,disebabkan masih banyak generasi muda yung belum terampil. Sedangkan dinegara-negara maju pada umumnya para generasi muda mendapatkan kesempatan luas dalam mengembangkan kemampuan dan potensi idenya. Para mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda didorong dan dirangsang dengan berbagai motivasi dan dipicu untuk maju dalam berlomba menciptakan suatu gagasan yang harus diwujudkan dalam suatu bentuk barang dengan berorientasi pada teknologi itu sendiri.

    2.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
    Pendidikan adalah suatu upaya untuk terciptanya kualitas  sumber daya manusia,sebagai prasarat utama dalam pembangunan ,sedangkan perguruan tinggi adalah bagian dari pendidikan itu sendiri sebagi jenjang pendidikan yang paling tinggi dan merupakan kaum intelektual.
    3.       Mahasiswa dapat memberikan alasan untuk berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi
    -          Sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan,mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakatnya,karena adanya kesempatan untuk terlibat di dalam pemikiran ,pembicaraan serta penelitian te4ntang berbagai masalah yang ada di masyarakat.
    -          Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah,maka mahasiswa mendapatkan proses sosialisasi terpanjang secara berencana dibandingkan dengan generasi muda lainnya.
    -          Mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis dan suku bangsa dapat nenyatu dalam bentuk terjadinya akulturasi social dan budaya.
    -          Mahasiswa sebagai kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasaan,setruktur perekonomian dan prestise di dalam masyarakat.

    Nama : M.Yanuar Suratman
    NPM : 14110145
    Kelas : 1KA05

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Individu, Keluarga dan Masyarakat


2.1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Individu
       Individu yang berasal dari bahasa latin adalah individuum yang artinya tidak bisa dibagi/tak bisa terbagi-bagi. Merupakan suau sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Dalam ilmu social , individu menekan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia.
Individu bukan berate manusia sebagai sutu keseluruhan yang tak dapat dibgi. Melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia yang bersifat perseorangan. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas didalam lingkunagn-lingkungan sosialnya, melainkan mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku yang sama.proses yang meningkatkan cirri-ciri individualitas pada seseorang samapi pada dirinya sendiri, disebt juga debgab sebutan individualisasi atau aktualisasi diri.
2.2. Mahsiswa dapat menjelaskan pengertian pertumbuhan
       Menurut saya adalah pengertian yang merumuskan suatu proses asosiasi. Menurut para ahli yang menganut alairan berpendapat bahwa pertumbuhan pada dasarnay adalah asosiasi yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian yang telah ada lebih dahulu, sedangkan keseluruhan ada pada kemudian. Bagian-bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan oleh assiasi. Proses ini terjadi karena adanya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman atau empiris luar melalui panca indera yang dapat menimbulkan reflex.
Jadi pendapat aliran psikologis Gestalt ini dapt disimpulkan bahwa pertumbuhan adalah proses perubahan secara pelahan- lahan pada manusia dalam mengenal suatu yang semula mengenal sesuatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada disekitarnya.
2.3. Mahasiswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
       Pertumbuhan dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1.       Pendirian nativistik adalah pertumbuhan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir. Misalkan seorang ayah mempunyai bakat pada bidang lukis maka kemungkinan besar anaknya  bisa ikut serta dalam bidang lukis tersebut.
2.       Pendirian empiristik dan environmentalistik adalah pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali. Misalkan anak yang normal berusia 1 tahun ada kemungkinan dia akan dapat beradapatsi dengan lingkungannya entah berbicara maupun berjalan.
3.       Pendirian konvergensi dan interaksionisme adalah suatu modifikasi yang terkenal yang sering dianggap sebagai perkembangan lebih luas yang berpandangan dinamis menyatakan bahwa antara dasr dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4.       Tahap pertumbuhan individu berdasr psikologi adalah pertumbuhan individu sejak lahir samapai masa dewasa atau masa kematanagn itu melalui beberapa fase sebagai berikut : Masa vital, Masa estetik, Masa intelektual,Masa remaja.
           Dengan tulisan diatas ini saya dapat menyimpulkan bahwa manuasi merupakan makhluk individual  tidak hanya dalam arri makhluk keseluruhan jiwa raga. Melainkan juga dalam arti bahwa tiap-tiap itu merupakan pribadi yang khas atau bersifat privasi.

Fungsi keluarga.
2.5. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian fungsi keluarga
Keluaraga adalah unit atau satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dala masyarakat.kelompok inipun bersifat individu.dalam kehidupan sehari-hari keluaraga sering kita jumpai  adanya pekerjaan-pekerjaan yang harus kita lakukan.suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan itu biasa disebut denagn kata fungsi. Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau maupun dilingkunagan keluarga oleh keluaraga tersebut.

2.6. Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam fungsi keluarga
Ada beberapa fungsi yabg ikut serta dalam masalah keluarga yaitu :
1.       Fungsi biologis
2.       Fungsi pemeliharaan
3.       Fungsi ekonomi
4.       Fungsi keagamaan
5.       Fungsi social

Individu, Keluarga dan Masyarakat
2.7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian keluarga
       Keluaraga adalah unit atau satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dala masyarakat. Sedangakan menurut Sigmund freud kelurga itu terbentuk karena adanya perkawinan antara pria dan wanita. Bahwa perkawinan itu adalah berdasarkan libido seksualis. Dengan demikin keluarga merupakan manifestasi daripada dorongan seksual sehingga landasan keluarga itu adalah kehidupan seksual suami isteri.
Oleh karena itu apabila keluarga ini benar-benar dibangun atas dasar hidup seksual, maka keluarga itu akan lebih goyah terus dan akam segera pecah setelah kehidupan seksual suami isteri itu hilang. Hal ini kurang realistis. Lain halnya adler berpendapat bahwa mahligai keluarga itu dibangun berdasarkan pada hasrart atau mafsu belaka. Tetapai menurut pendapat saya bahwa rukun keluaraga itu bagaimana memikirkan kebahagiaan dan kesejahteraan karena dengan kita menrapkan semua itu saya yakin keluarga yang telah dibina tiadak akan hancur karena kita mempunyai niat yag kuat untuk membangun nilai kekeluaragaan.
2.8. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
Masyarakat adalah wadah segenapa antar hubunagn social terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau subkelompok. Lebih jelasnya bahwa masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatana kehidupan,norma-0norma,adat istiadat,RAS yang sama-sama ditaati dalamlingkungannya. Dalam pertumbuhan masyarakat digolongkan menjadi masyarakat sederhana dan masyarakat maju(modern)
2.9. Mahasiswa dapat menyebutkan 2 golongan masyarakat
Yaitu :
1.       Golongan masyarakat sederhana adalah  sekumpulan orang yang ada dikawasan atau lingkungan primitive cenderung dibedakan menurut jenis kelamin.
2.       Golongan masyarakat maju (modern) adalah sekelompok organisasi kemasyarakatan itu dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan terbatas sampai pada cakupan nasional,regional maupun internsiaonal.

2.10. Mahasiswa dapat membedakan antara kelompok masyarakat non industri dengan masyarakat industry
1.                        Masyarakat non industry adalah organisasi kemasyarakatan non industry dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.
a.       Kelompok primer adalah suatu interaksi antar anggota terjalin lebih intensif,lebih erat,lebih akrab. Kelompok ini disebut juga kelompok face to face group. Sebab para anggota kelompok sering sekali berdialog,bertatap muka, dan menjadikan lenih dekat stu denagnlainnya.
b.      Kelompok sekunder adalah suatu interksi anatar anggota terjalin lebih tak langsung beda sekali dengan golongan primer. Dikarenakan sifat interksi ,pembagian kerja,pembagian kerja antara anggotanya di atur diatas dasar pertimbangan-pertimbangan rasional. Obyektif.
2.                        Masyarakat industry adalah variasi pembagian kerja sebagai dasar untuk mengklasifikasikan masyarakat .sesuai denagn taraf perkembangannya. Akan tetapai ia lebih cenderung maempergunakan dua taraf klasifikasi. Yaitu yang sederhana dan yang kompleks. Masyarakat-masyarakat yang bearada ditengah ditengah eksterm yang diabaikan.


Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat.
2.11. Mahasiswa dapat menjelaskan makna Individu
         Manusia adalah makhluk individu. Makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisah-pisahkan antara dan raganya.contoh: manusia sebagai makhluk individu mengalami mengalami kegembiraan atau kecewa akan terpaut dengan jiwa raganya. Tidak hanya dengan nata,telingan,tangan,kemauan dan perasaan saja. Dalam kegembiraannya manusia dapat mengagumi dan merasakan suatu keindahan. Karena ia mempunyai rasa keindahan , rasa estetis dalam individunya.

2.12 Mahasiswa dapat menjelaskan makna keluarga
        Keluaraga merupakan kelompok primer yang palinh penting dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungna laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk mencinptakan dana membesarkan anak-anak. Jadi keluarga adalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan social ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja asatuan masyarakat manusia.

2.13. Mahasiswa dapat menjelaskan makna masyarakat
       Masyarakat adalah setiapa kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dana bekerja sama, sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dana berfikir tentang sebagai satu kesatuan social dengan batas batas tertentu.

2.14. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara Individu,Keluarga dan Masyaraka
Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan raganya
Keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting di masyarakat
masyarakat adalah kelompok individu yang di organisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu
jadi hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat adalah suatu kehidupan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

URBANISASI

1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian urbanisasi
     Urbanisasi adalah Perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mencari  pekerjaan




2. Mahasiswa dapat menjelaskan proses terjadinya urbanisasi
     Di desa kurang lapangan pekerjaan yang mengakibatkan orang desa berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari pekerjaan.


Nama : M.Yanuar Suratman
NPM : 14110145
Kelas : 1KA05




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS